pertemuan perdana G dengan ade’ sheila

pekan-pekan awal di bulan juni 2010 menjadi begitu berkesan bagi G. sepanjang hari-hari itu, G sangat gembira. jika pada hari-hari biasa di delta mas kami hanya bertiga, hari-hari itu ramai.

kegembiraan G berawal saat ada kabar dari puang sobek kalau dia mau ke makassar. awalnya ayah bepikir hanya puang sobek saja yang mau ke makassar, ternyata dia berangkat semua. satu keluarga. mama eva, abang rio, dan ade’ sheila.

“abang rio mau datang sama ade’ sheila,” kata kami kepada G memberitahukan informasi bahagia itu. kalau abang rio pastinya G tidak butuh penjelasan lagi karena G mengenalnya. yang harus kami berikan penjelasan tambahan adalah ade’ sheila.

mulailah bunda menjelaskan kepada G kalau ade’ sheila itu adalah ade’ abang rio. memori G nampaknya cukup bekerja untuk mengingat karena beberapa kali kami sudah mengenalkan ade’ sheila melalui foto-foto di blog dan dokumentasi foto di komputer. nama itu setidaknya G sudah mulai cukup familiar.

“saya berangkat mi ndi. satu jam lagi tiba,” begitu bunyi sms puang sobek sebelum bertolak menuju makassar.

mungkin ayah harus memberikan penjelasan tambahan. sekitar tahun 1999 puang sobek mulai menetap di kalimantan. awalnya di palangkaraya. beberapa tahun kemudian dia pindah di banjarmasin. di pulau borneo itupula puang sobek kemudian bertemu dengan mama eva yang kemudian menikah. abang rio lahir di banjarmasin. sekitar tahun 2006, puang sobek pulang ke tanah sulawesi untuk tinggal beberapa lama.

tahun 2008, puang sobek kembali ke banjarmasin. sejak tinggal di makassar itulah G sudah kenal dengan abang rio. sebelum pulang ke kalimantan puang sobek dan mama eva menyuruh ayah, bunda, dan G menempati rumahnya di delta mas. awalnya bunda, ayah, dan G tinggal di antang makkio baji.

minta maaf, karena jumat dini hari (4/6/2010) itu ayah tidak bisa menjemput puang sobek, mama eva, abang rio, dan ade’ seheila di bandara karena kesibukan di kantor.

ayah tidak tau apakah saat mereka tiba di delta mas, G terjaga. tapi pastinya, sepanjang hari jumat itu, G terlihat senang sekali. pagi hari itu bunda tidak di rumah karena harus mengikuti orientasi di sungguminasa, gowa.

hari itu menjadi momentum cukup bersejarah bagi G karena untuk pertama kalinya dia bertemu dengan ade’ sheila. dari 13 bersepupu, tinggal ade’ sheila yang belum pernah bertemu.

(hingga tulisan ini dibuat, nama-mana sepupu G masing-masing daeng nurul, daeng oca, daeng nisa, daeng didin, daeng udel, daeng umpa, daeng fadli, ade’ ali, daeng alif, abang mario, ade’ sheila, dan ade’ rizky. dua orang adik sepupunya G meninggal saat masih bayi)

saking senangnya bertemu dengan abang rio dan ade’ sheila, G mau saja diajak mama eva ke rumah puang nanna di baruga untuk ketemu sama daeng umpa, daeng fadli, ade’ ali, dan puang renal (suami puang nanna).

selain untuk pertama kalinya bertemu dengan ade’ sheila, G pergi tanpa salah satu dari kami, ayah dan bunda, baru kali itu saja. kecuali sama mama aji, itu adalah hal yang luar biasa saya pikir.

melihat itu, saya memastikan suasana hati yang begitu riang bertemu dengan saudara sepupu yang sekitar dua tahun tidak bertemu. apalagi saya liat G bisa saling mengerti dengan abang rio dan ade’ sheila. ditambah lagi dia mau pergi ketemu dengan daeng umpa, daeng fadli, dan ade ali.

yah, hari yang bahagia. G dan abang rio saling memainkan mainan yang sama. bergantian mereka saling mendorong mobil, kadang abang rio yang mendorong G dan kadang sebaliknya. sesekali G bermain dengan ade’ sheila yang lebih banyak tersenyum atau tertawa kecil melihat tingkah lucu kedua kakaknya.

saya berharap, keakraban G bersepupu bisa terus terjalin meski nantinya kami sudah tiada. tetaplah membangun kasih sayang anakku.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Juni 10, 2010.

3 Tanggapan to “pertemuan perdana G dengan ade’ sheila”

  1. he….puang pipa namanya belum keluar…. puang pipakan datang juga walaupun telat…

  2. sabar puang pipa. akan ada di edisi berikutnya…hehehe. insya Allah, kalau ayah G sempat nulisnya. kalo menurut G, puang pipa memang layak untuk dibuatkan tulisan dalam edisi khusus. ditunggu saja puang pipa…

  3. Dzieki za ciekawe informacje

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: