Asap Rokok Bisa Memudarkan Kecantikan Anda

Bukan hanya menggerogoti kesehatan, kebiasaan merokok punya efek buruk terhadap kecantikan

Petti Lubis(http://kosmo.vivanews.com/news/read/66671 efek_rokok__pudarkan_kecantikan)

VIVAnews – Tahukah Anda, kalau wanita lebih besar mendapat imbas buruk dari rokok dibandingkan pria? Asap rokok terbukti bisa menyebabkan wajah si perokok menjadi kusam, dan dampak buruk dari rokok lainnya.

Jadi, tak ada salahnya kita mengulik lagi dampak merugikan lain dari rokok terhadap kecantikan, penampilan, dan semangat Anda.

Kulit Cepat keriput

Asap rokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit. Padahal, fungsi zat tersebut mendorong peningkatan pelonggaran kulit dan menstimulasi proses penuaan. Pada perokok dijumpai wajah dengan ciri-ciri: pucat kecokelatan dan mengeriput seperti tanda-tanda proses penuaan.

Bibir Hitam
Mula-mula, efek rokok tidak terasa. Namun, makin lama, bibir yang tadinya terlihat merah segar, perlahan-lahan menjadi ungu kehitaman. Perubahan warna ini disebabkan oleh pengaruh suhu. Saat diisap, panas rokok mengenai bibir, sehingga sel-sel darah merah menjadi ‘terbakar’ dan mengalami kematian. Sel-sel darah merah yang mati tadi akan mengeluarkan semacam pigmen yang lalu tertimbun di bibir dan menyebabkan bibir berwarna hitam. Setiap hasil ‘pembakaran’ akan menghasilkan karbon yang juga akan menambah hitam warna bibir.

Untuk mengembalikan pertumbuhan dan pertukaran sel-sel darah merah, selain berhenti merokok, cobalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, B, dan E.

Gigi Muncul Bercak kehitaman

Bisa diduga, tar yang terkandung dalam rokok akan menempel pada gigi. Awalnya, gigi menjadi kekuningan. Lama-kelamaan, berubah jadi kecokelatan, lantas menghitam. Nah, biasanya, supaya kembali putih, banyak yang sering ‘mengikisnya’. Kalau hal itu kerap dilakukan, maka lapisan email jadi tipis. Ini jelas mengakibatkan kesehatan maupun kecantikan gigi jadi terancam.

Kuku Menguning
Filter dari batang rokok yang menyelip di kedua jemari saat merokok, bisa membuat kuku cepat menguning. Padahal, kuku yang berwarna merah muda menandakan bahwa pemiliknya bertubuh sehat.

Rambut Kusam

Asap rokok dapat menyebabkan rambut kusam dan tidak bercahaya. Hal ini terjadi karena karbon monoksida yang terkandung dalam asap rokok bisa menghambat oksigen ke rambut yang bertugas menambah vitamin pada rambut.• VIVAnews

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada November 22, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: