ingin jadi orang kaya

“ayah, G ingin jadi orang kaya”

apakah anda kaget kalau tiba-tiba anak anda mengeluarkan kata-kata seperti itu? jika anda sama dengan saya, artinya anda kaget. karena sungguh saya kaget dan tidak menyangka G akan mengeluarkan kalimat itu dari bibirnya yang diiringi senyum.

matanya berbinar saat mengucapkan itu. karena  merasa kurang yakin, saya tepikan mobil di pinggir jalan dan kembali bertanya, “G bilang apa tadi.” dengan nada meyakinkan, G mengulangi lagi, “G mau jadi orang kaya.”

kenapa? itu pertanyaan besarnya. mulailah G berceloteh mengenai alasan atas keinginannya. “G mau beli rumah. mau juga beli mobil baru lagi.” apakah cuma itu? yang paling membuat saya menjadi bersyukur adalah karena dia punya keinginan mulia kalau dia menjadi kaya.

“kalau ada orang lapar, kita kasi uang beli makan ayah. ada orang minta-minta, kasi juga,” tutur G dengan mimik meyakinkan. “kalau ada orang sakit,” tanya saya. “dikasi juga. G tidak boleh sombong ayah,” kata G.

dari mana pula G dapat cerita ini. mungkin dia dapatkan cerita itu waktu di sekolah karena cerita itu terlontas saat saya membawanya pulang setelah menjemputnya dari sekolahnya di tk melati, sungguminasa, kabupaten gowa, sabtu (14/4/2012). tapi, saya juga ragu, tak mungkinlah di sekolahnya gurunya mengajarkan hal-hal rumit itu. tapi tak masalah, dari mana saja asalnya pengetahuan dalam kepala dan keinginannya, saya pikir juga bukan keinginan yang salah.

sampai di rumah, cerita itu lebih disempurnakan saat bercerita kepada bundanya. kami (bunda dan ayah) menyambut ceritanya dengan senyum. kami anggap itu sebagai doa. amin, semoga tercapai keinginannya anakku.

selama ini, memang banyak keinginan G yang cukup fantastis bagi kami saat ini. dari penampilan, dia sangat memerhatikan pakaiannya. bunda sempat bilang, sangat bergaya. pakai sepatu, kaca mata, jam tangan, dan lain-lain yang membuatnya terlihat gagah. pastinya beda dengan ayahnya yang cenderung rantasa…hehehe. mengenai gaya G yang selalu mau tampil parlente menjadi candaan keseharian bunda. “ayahnya kalah gagah dari anaknya…hehehe,” kata bunda suatu waktu. yah pastilah, anaknya harus lebih ganteng. kan perbaikan keturunan…hehehe. kalau sama, tak ada peningkatan namanya.

G juga punya keinginan untuk punya mobil suv. paling dia idolakan adalah toyota fortuner. mungkin saya sudah ceritakan di bagian lain dalam blog ini, kalau keinginannya itu sudah sangat membuncah. apalagi kalau fortuner putih, paling jadi idolanya.

nah, waktu mau beli mobil, akhirnya warnanya saja dulu yang disamakan. sama-sama putih, hehehe… “G, kita beli xenia saja dulu. nanti kalau uangnya sudah banyak, baru kita beli fortuner.” begitu kalimat kami waktu meyakinkan G. diapun memilih warna putih sesuai warna impiannya. jauh sebelum rencana itu, G punya tabungan (tas penyimpanan uang) yang katanya mau dia simpan untuk beli mobil fortuner. amin, keinginan yang cukup tinggi dengan kondisi kami sekarang. tapi, tak ada yang tidak mungkin. insya Allah….

keinginan G dalam satu tahun terakhir ini lagi adalah selalu menunjuk rumah di citraland, di jalan hertasning baru milik ciputra. salah satu perumahan elit yang ada di sulsel saat ini. dari depan perumahan itu memang terlihat sangat mewah. melihat dari brosur harganya, memang luar biasa dengan fasilitas yang ditawarkan. “Ayah, bunda, G mau beli rumah di sini.” begitu kata-kata G setiap melewati perumahan itu.

hampir tiap hari dia ucapkan kalimat itu dengan melihat perumahan citraland tiap kali kami lewat di situ. apalagi di situ menjadi jalur utama G kalau berangkat dan pulang ke sekolah. semua mimpi indah yang insya Allah akan kamu dapatkan anakku.

satu yang paling utama dari cerita G hari ini adalah, G tidak akan sombong dan tetap akan menjadi orang yang pemurah. itu yang paling tinggi nilainya. ayah dan bunda berdoa, semoga keinginan G tercapai. apakah nanti ayah yang memenuhi atau G yang nanti menggapainya sendiri. amin

********

ada cerita yang kadang saya “dongengkan” kepada adik-adik, teman, atau keluarga dengan nada bercanda. obrolan kalau sekiranya melamar kerja dan meminta gaji. kalau tawar-menawar gaji, minta memang mi yang tinggi. misalnya, standar yang ditawarkan 2 juta, minta 4 juta. pastinya orang perusahaan bertanya, kenapa tinggi sekali. bukankah 2 juta sudah cukup untuk anda yang masih hidup sendiri?

yah, untuk ukuran saat ini (tahun 2012 di makassar) gaji seseorang yang masih sendiri dengan 2 juta sudah cukup. tapi, apa yang saya pakai untuk traktir calon ibu anak saya? apa yang saya sumbangkan kepada orang tidak mampu? apa yang saya sumbangkan untuk pembangunan masjid dekat rumah saya? apa yang saya sumbangkan untuk membantu sekolah anak yatim dan anak tidak mampu?

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada April 15, 2012.

12 Tanggapan to “ingin jadi orang kaya”

  1. amin… g memang hebat smoga terwujud nak….

    • puang pipa… lama baru berkunjung ke blognya G. ada loh tulisan spesial untuk puang pipa di blog ini. puang pipa sudah menginspirasi. eh… bagaimana kabar ade’ andi surya bitara? ade’ ganteng sekali. nanti kalo abang G jadi orang kaya, puang pipa pesan mau dibelikan apa?

  2. Salam Kenal Ya Semuanya g terkecuali dari sabang sampe merauke deh.. hehe.. :)

  3. Betul2 anak2 memang kadang mengucapkan kata2 diluar daya fikir seorang ank kecil dng usia balita,bahkan gadis sya pernah perkata…ketika waktu itu sya tanya ttg cita2x…..lalu dia menjawab….”Pekerjaan apa didunia ini yg menghasilkan paling banyak uang,itulah yg akan menjadi cita2 saya”…..anak2 digenerasi sekarang mmng memiliki impian2 yg jauh lebih besr dan maju dari org tuanya ;p

    • iya, kadang banyak hal yang tidak terduga meluncur dari ucapannya. mungkin karena informasi dan generasi sekarang mungkin memang lebih cerdas dari sebelumnya. terima kasih sudah berkunjung ke blog G yang sederhana ini. salam

    • luar biasa. salam G dengan gadis kecilnya, mudah-mudahan bisa berbincang mengenai cita-cita yang pernah diucapkannya di masa sebelumnya. beruntung akan bertemu dimana titik impian mereka.

      salam

  4. salam kenal sebelumnya, saya ahad riadi dan kebetulan saya tinggal di batam, saya sangat tertarik dengan setiap tuliasan yang bapak posting di blog bapak dan membuat saya terinspiras intuk membuat tulisan yang hampir sama seperti yan bapak buat di sini, mohon kiranya bapak bisa memberikan alamat e-mail agar saya bisa berkomunikasi dengan bapak. terimakasih sebelumnya sekali lagi salam kenal…
    e-mail saya :niiich_gw@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: