tahun baru 2011

G ayah minta maaf karena tidak bisa memenuhi janji dengan baik pada malam pergantian tahun 2011. ayah tidak mengetahui bagaimana kondisi hatimu yang sebanarnya anakku, tapi syah pastikan ada kekecewaan.

bayangan perayaan tahun baru sama ketika malam pergantian tahun 2010 lalu, tidak bisa ayah penuhi dengan baik. tahun sebelumnya, G melewati malam pergantian tahun di hotel santikan, jalan sultan hasanuddin makassar dengan penuh kesan.

bersama teman-teman kantor ayah, G menikmati sajian musik dan pesta kembang api dari hotel berbintang itu. yah, acara yang diadakan teman-teman kantor ayah.

pada tahun ini, perayaan malam pergantian tahun sudah direncanakan di salah satu penginapan di makassar. tepatnya makassar cottage. semua rencana sudah di susun.

rencana itu pun sudah saya sampaikan kepada G dan bunda bahwa malam nanti kita akan melewati pergantian tahun bersama teman-teman kantor ayah. sekaligus silaturrahmi untuk lebih mengakrabkan keluarga rekan kerja ayah.

acara tahun baru 2011 ini dirancang dengan suasana lebih akrab. kalau dulunya semua sudah disediakan pihak hotel, kali ini kita menyiapkan satu acara khusus untuk memberikan kesan lebih santai dan sederhana. tujuannya biar suasana lebih cair. yaitu, pesta bakar-bakaran ikan.

malam pergantian tahun 2011 bertepatan dengan jumat malam. G saya ajak masuk kantor. di kantor, G sudah mewacanakan dengan teman-teman kantor ayah kalau dia akan melewati malam pergantian tahun di hotel. “malam tahun baru di hotel, ada terompet sama kemvbang apinya,” celoteh G dengan bangganya kepada teman-teman kantor ayah.

biasanya, pada siang hari G saya bawa ke kantor bunda, namun hari itu bunda ada acara dengan teman-temannya. jadilah G tinggal di kantor ayah sampai sore. akhirnya kita memutuskan, tidak usah pulang ke rumah, nanti dari kantor kita langsung ke tempat acara malam tahun baru.

bunda menunggu di kantor lamanya, di salah satu tempat bimbingan belajar di jalan cenderawasih (jilc) yang kebetulan lokasinya juga di dekat kantor ayah. karena ayah masih harus melanjutkan pekerjaan, G saya bawa ke bunda. “sebentar saya jemput, saya selesaikan dulu pekerjaan,” kata saya.

mungkin firasat G sudah ada tanda-tanda kegagalan. waktu saya mau tinggal, G sempat marah dan dia maunya sudah langsung ke hotel. hanya saja, minta maaf anakku, kondisi bunda yang katanya pusing sepertinya perlu istirahat sejenak dan ayah juga masih harus menyelesaikan tanggung jawab, memastikan semua pekerjaan aman dan lancar. ayah harus balik kantor.

pukul 10 malam, baru saya bisa memastikan kalau semuanya sudah oke. malam itu, jalan di depan kantor ayah, jalan h bau, macet parah. maklum, jalur itu merupakan jalan utama menuju pantai losari. setiap tahun, di pantai kebanggan warga makassar itu digelar pesta kembang api, itulah tujuan ribuan atau bahkan puluhan ribu warga makassar pun daerah lain menuju titik itu.

saya jemput dulu bunda dan G dari jilc. “saya jalan kaki, motor masih di kantor. biar lebih gampang, nanti kita langsung dari sana,” kata saya. jadilah bunda dan G ke kantor ayah dulu. jalan masih macet.

satu jam berlalu, tanda-tanda kemacetan akan berhenti tak kunjung datang, malah semakin parah. “ah, kita tembus saja. kalau terus di sisni tidak jalan-jalan ini orang,” kata saya.

kamipun mulai mengikuti arus menuju pantai losari. rencananya, dari ujung jalan h bau, kami akan berbelok ke kiri, tidak ke losari, untuk menuju lokasi acara malam pergantian tahun. G terlihat sangat gembira.

satu jam kami berjibaku dalam kemacetan, ternyata hanya bisa memabwa kami sampai di ujung persimpangan jalan. macet total. semakin di perparah lagi saat detik pergantian tahun tiba.

pengguna jalan, meninggalkan kendaraannya di tengah jalan dan berjalan kaki menuju pantai losari. kamin yang tidak bertujuan ke losari jadilah terjebak. motor tidak bisa bergerak. gemerlap cahaya berpendar di angkasa dengan letupan bersahut-sahutan menambah semarak malam pergantian tahun itu. beberapa saat, G terlihat menikmati pendar-pendar cahaya kembang api itu. namun, sesekali dia teringat, “ayah ke hotel.”

beberapa teman sudah menelpon, sudah dimana posisi. kapan sampai. masalah terbesarnya saya terjebak macet. satu jam berlalu, kendaraan belum juga bergerak. akhirnya, sekitar dua jam kami terjebak di lokasi itu.

tak terhindarkan, pendar cahaya kembang api yang begitu indah tidak bisa mengalau rasa bosan G. dia mulai mengantuk.

dengan perjuangan keras, akhirnya kami bisa menembus kemacetan menuju ke lokasi acara. di atas motor, G sudah tertidur pulas. sampai di lokasi, G langsung kami baringkan di kamar. maafkan ayah anakku, semua di luar kasa ayah. mungkin ayah kurang tepat dalam berencana, tapi tangung jawab menuntut ayah harus mengundur waktu. maafkan ayah anakku.

di loakasi acara yang tersisa hanya beberapa orang, kepala biro seputar indonesia bang mukhramal azis bersama istri yang masih terjaga. sementara dua nakanya, reva dan diva sudah pulas tertidur bersama pengasuhnya di kamar. masih ada hatta (it) dan pacarnya, rudi, rizal, dan anto (it). hanya beberapa orang yang tersisa.

“sudah pulang mi,” kata bang mukhramal. yah, tak masalah karena saya harus bagaimana, semua di luar kuasa saya. tidak beberapa lama bang mukhramal pulang. alunan suara dari penyanyi perempuan yang berkaraoke di depan layar lebar menjadi penghibur.

beruntung G terbangun. terompet menjadi sasaran. meski terlambat, dia terlihat gembira meniup terompet-terompet berbagai bunyi dan jenis itu. mudah-mudahan kekecewaan bisa sedikit terbayar. G masih terlihat ceria dan semangat.tidak beberapa lama, hatta (redaksi) datang menyusul.

hanya sayang, kondisi bunda tidak memungkinkan untuk berlama-lama. kami hanya sebentar dan harus melangkah pulang.

sekali lagi, maafkan ayah anakku. mudah-mudahan dengan segala kekurangannya, G bisa tetap terkesan dengan pesta peralihan tahun ini. bertahun baru di atas motor sambil menikmati indahnya pesta kembang api di pantai losari.

happy new year 2011 G…..

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Januari 9, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: