garuda di dadaku

“garuda di dadaku, kuyakin, hari ini… pasti menang”

sepenggal lagu band netral yang merupakan soundtrack film dengan judul lagu yang sama “garuda di dadaku” menjadi lagu andalan G akhir-akhir ini. G kadang minta untuk di naikkan di pundak ayah sambil bernyanyi dengan tangan dikepal menyanyi layaknya suporter sepak bola.

pastinya, untuk menyanyikan lagu itu, G harus naik ke tempat tinggi, seperti kursi atau berdiri di jok motor yang terparkir. akhir tahun 2010, tepatnya sepanjang bulan desember, nasionalisme G begitu membuncah.

wajar memang. lagu yang dibawakan dalah satu band cadas di ini begitu populer seiring dengan semangat nasionalisme bangsa ini. tontonan televisi pastinya memengarugi wacana dan isu G.

tim kebanggaan indonesia memerlihatkan prestasi yang luar biasa sepanjang perhelatan piala AFF 2010. mulai babak penyisihan, tim  merah putih menggulung lawan-lawannya. baju-baju kostum tim nasional indonesia dan bahkan dalam desain yang berbeda bergambar garuda “mewabah”. laku keras di mana-mana.

G termasuk salah satu warga negara indonesia yang terbawa dengan euforia kebanggan tim merah putih, melaui aksi rahman utina cs di lapangan hijau. nasionalisme G mengitu memengaruhinya.

G tiba-tiba sangat doyan bermain bola, diselingi dengan berdiri tegap sambil mengacungkan tinju ke udara seraya bernyanyi, “garuda di dadaku, kuyakin, hari ini… pasti menang””garuda di dadaku, kuyakin, hari ini… pasti menang”

mungkin G belum paham sepenuhnya dengan makna sebenarnya akan nasionalisme indonesia. hanya saja, momentum ini ayah harap menjadi cikal bakal bibit semangat nasionalisme dalam dada G, garuda di dadaku.

meski indonesia gagal dalam ajang AFF 2010 kali ini, setidaknya sudah membakar jiwa nasionalisme indonesia yang beberapa tahun ini mengalami krisis. partai final yang memertemukan indonesia melawan negeri tetangga malaysia, indonesia harus kalah. namun, kekalahan yang dibungkus dengan kegembiraan.

pada leg 1 final piala AFF di stadion bukit jalil malaysia, tanggal 26 desember,  tim merah putih harus kalah dengan skor telak 0-3 dari tuan rumah. indonesia masih punya harapan, masih bisa, pun harapan kemenangan yang menyertainya terus membahanan menjelang pertandingan leg 2 tanggal 29 desember di stadion utama gelora bung karno, jakarta.

nah, ada yang menarik, tak hanya G, ayah yang sebelumnya tidak terlalu tertarik mengikuti perkembangan tim nasional, sepanjang laga pila AFF ayah begitu antusias. semangat itu semakin kuat saat kantor ayah menggelar event mengumpulkan tanda tangan untuk semakin memberikan support dan doa bagi kemenangan merah putih. ayah begitu semangat menyebar spanduk untuk ditandatangani warga kota makassar. garuda di dadaku, ewako indonesia.

hanya sayang, anak asuh Alfred Riedl harus mengakui keunggulan racikan tim pelatih malaysia, raja gopal. meski indonesia menang 2-1, tak mampu mengantarkan tim jagoan G menang. Indonesia kalah agregat gol. Indonesia kalah, tapi dibalik itu, indonesia tetap “menang” dengan mampu menjadikan piala AFF sebagai momentuk perekan persatuan bangsa.

suporter yang bisasanya “berantem” malam tanggal 29 desember semua bersatu dalam semangat ke-indonesia-an. semua bersatu. positifnya lagi, suporter merah putih menunjukkan sportifitas yang luar biasa. fair play dan menerima kelahan dengan sabar.

G anakku, sengaja ayah menulis kisah ini, semoga momentum ini juga terpatri dalam hati G untuk semangat nasionalisme. Indonesia.

G akan tumbuh bersama beberapa generasi masa depan tim merah putih, seperti irfan bachdim (pemain naturalisasi, kelahiran belanda yang punya darah indonesia), oktovianus maniani, ahmad bustomi, m nasuha, yongki ariwibowo, arif suyono.

jayalah tim merah putih dengan gerasi masa depan, bangkitlah nasionalisme indonesia, GARUDA SELAU DI HATIKU.

“garuda di dadaku, kuyakin, hari ini… pasti menang”

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Januari 9, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: