bersama puang iding ke bone

perjalanan ke bone bersama G selalu ada saja cerita menarik. sekitar bulan maret tahun ini (2010), untuk pertama kalinya bertiga, bunda, ayah, dan G pulang ke bone. pengalaman pertama itu sudah ayah ceritakan dalam bagian lain blog ini.

awal bulan juli tahun ini, tepatnya jumat (9/7/2010), kami kembali mengulang perjalanan ke bone. pastinya dalam suasana yang berbeda dengan cerita menarik. dalam rombongan ada om syahril dan puang iding. pengalaman seperjalanan dengan puang iding bersama G sebenarnya sudah bukan pengalaman perdana karena beberapa tahun lalu, G juga pernah dalam perjalanan bersama dengan puang iding. hanya saja, waktu itu G masih terlalu kecil untuk diajak berceloteh. kali ini dalam suasana yang lebih berbeda, meski puang iding tidak datang bersama eyang.

perjalanan ke bone kali ini pastinya sudah dalam rencana panjang kami. sejak bulan lalu, bunda dan ayah sudah berencana untuk pulang ke kampung halaman. tujuannya adalah menghadiri pesta pernikahan puang wale (andi tenri wale) putri kedua almarkum puang lipu-petta tungke.

ayah sudah memersiapkan rencana mengambil cuti. menjelang hari keberangkatan, kabar gembira datang. puang iding juga akan menghadiri pestanya puang wale. “saya tiba di makassar sekitar hari jumat siang. tidak usah dijemput. nanti saya kabari,” kata puang iding saat menelpon ayah.

ternyata, puang iding tiba lebih awal. hari kamis, puang iding sudah di makassar. keesokan harinya, jumat, kami berangkat. setelah mobil rental diantar ke rumah, terlebih dahulu menjemput bunda di kantornya di sungguminasa, gowa. hari itu bunda harus ijin pulang lebih awal. perjalanan dilanjutkan menjemput puang iding di hotel di daerah pantai losari.

seperti biasanya, puang iding yang bawa mobil. perjalanan dilanjutkan. G bersama ayah duduk di depan. sepanjang perjalanan G berceloteh. terkadang G tertidur dalam pelukan. G terlihat menikmati perjalanan. yah, dibandingkan memakai mobil umum, pastinya memang lebih menyenangkan perjalanan kali ini.

kami menyempatkan diri beristirahat sejenak di rumah makan cijantung, daerah maros. setelah ngaso, kami lanjutkan perjalanan. dalam perjalanan selanjutnya, G mengeluh pusing. beberapa cara ayah dan bunda lakukan untuk mengurangi rasa pusing yang dikeluhkan G. namun, nampaknya tak berhasil. lagi pengalaman terbukti.

kenapa saya katakan lagi, karena sepanjang perjalanan itu, dua kali puang iding mampu memberikan solusi. saya pikir ini adalah pengalaman yang pastinya lebih matang dibandingkan ayah dan bunda. puang iding dan eyang lebih  pengalaman yang dibuktikan dengan semakin dewasanya puang aga dan puang puput yang kini kuliah di yogyakarta.

saat G mengeluh pusing, puang iding mengajaknya tebak-tebakan binatang sepanjang perjalanan. “apa itu?” menunjuk sapi di pinggir jalan. sigap G menjawabnya dengan benar, “sapi.” beberapa kali puang iding menyelinginya dengan bertanya bunyi binatang atau terkadang mengajak G berdebat dengan biantang yang dilihatnya. “itu sapi, bukan kambing,” protes G kepada puang iding.

trik puang iding berhasil. G melupakan rasa pusing yang dikeluhkan. sebelumnya, saat terjadi insiden, jari G terjepit pintu mobil yang membuatnya rewel. G terus-terusan mau digendong sama ayah. waktu itu kita singgah makan di dekat perbatasan makassar-maros.

“liat pesawat. tunggun pesawat di depan,” kata puang iding. wah, kenapa tidak dari tadi saya berpikir seperti itu. di situ kan dekat dengan bandara. semangat G membuncah keluar menunggu pesawat. tidak beberapa lama, pesawat yang dinanti terlihat sangat jelas. “dada puang pipa. sampai jumpa. abang rio,” teriak G seraya melambaikan tangannya.

sepanjang perjalanan puang iding banyak bercerita soal pengalaman, tentunya itu menjadi nasihat berharga untuk bunda dan ayah untuk mengarungi hidup ke depan.

alhamdulillah, sekitar 175 kilometer perjalanan makassar-bone dengan jalan berliku dilalui dengan gembira dan penuh cerita berharga. saat itupun, kami sempat melontarkan janji, semoga perjalanan  selanjutnya akan lebih nyaman. semoga.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Juli 19, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: