mengantar puang ati

pagi ini, G bangun lebih cepat. sekitar pukul 07.00 wita G sudah terjaga dari tidur lelapnya. biasanya, meski terjaga, dia masih saja bermalas-malasan di atas kasur atau di depan televisi.

tapi, hari ini sedikit berbeda. bisikan bunda membuatnya bersemangat. “G mau antar puang ati?” bisik bunda kepada G. senin (10/5/2010) puang ati, yang pada hari jumat datang dari bone, memang berencana ke pengobatan alternatif di daerah daya.

masih seperti kebiasaan lamanya, jika hendak pergi, G biasanya seolah mengulur waktu. setelah beberapa saat berjibaku dengan bunda, G selesai mandi, berpakaian, dan bergegas.

pagi itu, puang ati memberikan salam tempel kepada G. “mau beli coklat,” kata G saat menerima uang. dia kemudian menitipkan uangnya ke ayah. dengan pakaian lengkap, jaket dan plus helm, kami bergegas.

perjalanan dari borong ke daya memakan waktu cukup lama karena padatnya kendaraan. sekitar 20 menit sampai di tempat yang dituju.  baru beberapa menit sampai, G langsung menagih, “ayah, beli coklat.”

di toko terdekat, G mulai memilih jajanan yang disukainya. coklat pasti jadi sasaran utama. beberapa kali dia mengambil dan mengembalikan barang yang akan dibelinya. sempat dia mengambil snack di rak.

namun, rencana itu dia batalkan ketika melihat saya menggeleng saat dia seolah meminta persetujuan, “apakah ini boleh diambil?”. tiga “menu” yang semua berbahan coklat jadi pilihannya dia bawa ke kasir.

sampai di rumah tengku pengobatan alternatif itu, G langsung membuka bungkusan. makan dengan lahap membuat ayah tersadar, ternyata G memang belum sarapan. astaga…

ops… ada yang terlupa, G lupa beli minum. wah, ternyata dia cukup cerdik. G menunjuk air gelas kemasan di atas meja ruang tunggu tenpat pengobatan alternatif itu. “mintalah sama om,” kata saya.

karena saya malas buka sepatu, dia masuk sendiri mengambil air di atas meja itu dengan percaya diri. tidak beberapa lama, pemeriksaan puang ati selesai. kamipun pulang.

pagi ini, G telah melakukan tugasnya dengan baik, mengantar puang ati berobat. semoga, puang ati cepat sembuh.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Mei 10, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: