makassar… G datang

“ayah, G ke makassar. di mobil sama bunda, sama mama aji,” kata G memulai perbincangan dari balik telepon. G terdengar ceria bercerita kalau sekarang sudah dalam perjalanan. dia bertanya ayah di mana dan menceritakan pengalamannya di bone.

sesuai rencana, G kembali ke makassar hari senin tanggal 12 april 2010. rasa rindu memuncak ingin pulang ke rumah, tapi pekerjaan belum selesai. pukul 8 malam bunda menelpon kalau dia sudah tiba di rumah. hanya saja, saya masih harus menyelesaikan pekerjaan. rindu ditahan dulu deh.

ehem… sebelum ada pertanyaaan, saya jawab sajalah… rindu sama G dan bundanya dong, hehehehehe…

bukan untuk pertama kalinya saya berpisah cukup lama dengan G. hari minggu tanggal 21 maret 2010 bulan lalu, bertiga kami pulang ke bone. seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, saya mengambil cuti tahunan selama enam hari, pulang berlibur di kampung. hari sabtu tanggal 27 maret, saya berangkat ke makassar. bunda dan G masih tinggal di bone karena ada acara keluarga. G dan bunda harus tinggal hingga hari minggu, tanggal 11 april 2010. nah, jadilah saya membujang selama setengah bulan.

bicara di telepon dan melihat fotonya di atas meja kerja serta membuka blog ini sebagai pelepas kangen.

setelah semua pekerjaan kelar, langsung saya meluncur pulang. sampai di rumah, seperti biasanya, bunda menyambut dengan senyumnya yang selalu manis di mataku.

beberapa saat kami berbincang. pastinya cerita soal G lebih banyak mengambil porsi. perkembangan yang luar biasa, cerita bunda, G sudah pandai jajan. hal yang tidak pernah dilakukannya meski tepat di depan rumah tempat kami bernaung di makassar ada warung. setiap saat penjual es krim dan jajanan lewat, tapi G tidak pernah meminta dan tergoda.

“G sudah minta uang kalau mau beli. waktu di bone, dia suka sekali di rumah puang ani (saudara saya atau tantenya G) karena di sana banyak jajan. pernah malah dia minta uang sama puang ani. katanya mau beli “tedong”. kita sempat bingung, apa itu “tedong”.  karena kita tidak mengerti, dikasi uang koin 100 sama puang ani. uangnya langsung dia kasi sama penjual. saya ikuti dia beli apa, ternyata yang dia maksud “tedong” itu penjual es walss. musiknya mungkin di dengar yang dipelesetkan sama anak-anak “beli dong-beli dong”, tapi yang dia dengar “tedong”,” seru sekali bunda bercerita.

sudah habis cerita bunda? belum. “penjual esnya bingung, mau beli apa uang 100… hehehe,” bunda mengakhiri cerita lucunya. mungkin wajar kalau di bone G sudah pandai jajan karena banyak sepupunya yang sebanteran. banyak godaan dan melihat. tanpa diajari juga tau. beda di makassar yang memang dia sendiri. tak ada yang dia liat belanja.

tapi, di makassar, dia pasti punya jatah dua batang coklat setiap kali ikut belanja ke warung depan rumah. itu jatah dia yang selalu diberikan. seperti kalau dia temani saya pergi ke warung menukarkan gas atau beli sesuatu. dia selalu saya belikan kue sebagai hadiah. hanya itu saja kalau di makassar. yang diingat hanya jatah dia saat menemani kami.kami memberikan itu sebagai hadiah atas bantuan dia menemani kami melakukan sesuatu.

dini hari itu, saya menikmati dua biji barongko buatan mama aji. wuihhhh…nikmat sekali.

di atas tempat tidur, G tertidur lelap. seperti biasanya, dia menguasai “lokasi” dengan posisi tidur tidak beraturan. peluk dan cium pastinya. “G sudah potong rambut yah,” tanya saya. bunda sudah memangkas rambut gondrong G ternyata.

beberapa saat saya menikmati  suasana itu, melihat G terlelap dalam mimpinya. kembali terkenang saat dia masih dalam kandungan, lahir, bayi, satu tahun, dua tahun, hingga di usianya tiga tahun kini. engaku sudah besar anakku. kami sudah menjalankan amanah tuhan selama tiga tahun. kami berharap, kami mampu menjaga amanah ini hingga mengantarnya menjadi manusia yang sempurna.

puas melepaskan kerinduan dengan G, tentunya ada “amanah” lain yang harus saya laksanakan. melaksanakan sunnah nabi.

perlu saya ceritakan?

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada April 13, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: