G pengen punya adik

“mau punya ade’ cewek dua. nanti ade belikan sepeda,” kata G tadi pagi saat kami bermain-main di depan televisi. bunda yang duduk berselonjor di sofa panjang hanya senyum-senyum dengan celotehan G.

keinginan G untuk punya adik sebenarnya sudah dilontarkan cukup lama. sejak kelahiran adik sepupunya, ade’ ali (anaknya puang renal-puang nanna), G selalau melontarkan itu. bahkan ade’ ali dia klain sebagai “adik” melebihi daeng umpa sama daeng fadli. itu pula yang kadang jadi pertengkaran di antara mereka.

terkadang G ingin membawa ade’ ali pulang ke rumah. akhir tahun lalu, saya dan bunda berdiskusi bagaimana sebaiknya. apakah G diberikan adik? saat itu kami memutuskan, melihat umur G yang sudah hampir tiga tahun, G sudah layak untuk diberikan adik. sehingga nanti adiknya lahir saat G menjelang empat tahun.

harapan kami dan G ternyata tidak berbuah manis karena pada bulan januari 2010, bunda kembali datang bulan. yah, G harus lebih sabar. ada beberapa waktu bunda dan G di bone membuat program itu tidak bisa diintenskan.

bulan februari, bunda dan G balik ke makassar. kami pun kembali masuk program pembuatan anak. pemahaman kepada G kepada sosok adik mulai kami tanamkan. “nanti adiknya G tinggal di sini (perut bunda). kalau sudah besar baru dia keluar. G sayang adik yah,” kata bunda.

mulai saat itu, G rajin elus perutnya bunda. “ade’-ade’. ade’ tidur,” kata dia kalau sudah mengelus perut bunda. kadang kami menyuruhnya seolah mengajak bicara adiknya.

beberapa kali saya tanya sama bunda, bagaimana? berhasil tidak? bunda hanya senyum-senyum. kabar buruk datang saat saya pulang dari kantor dini hari, senin (8/3/2010). “saya haid,” kata bunda kepada saya.

opsss, gagal deh.

obrolan dini hari itu belum kami sampaikan kepada G. hingga tadi pagi, kamis (11/3/2010), G masih yakin adiknya ada dalam perut bunda. tadi pagi, dia masih menyempatkan diri memeluk perut bunda. dia mendekatkan wajahnya ke perut bunda seolah bicara dengan adiknya.

sabar yah G, insya Allah, ayah dan bunda upayakan terus. sepertinya memang sudah pas kalo G punya adik. sabar yah nak.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Maret 11, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: