semangat G

mengurus kelengkapan berkas bunda
minggu terakhir di penghujung tahun 2009 hingga awal tahun 2010, anak kami tercinta, G harus ikut bekerja keras. menantang panas dan menerabas hujan harus dia lakoni. tak ada keluhan. kami bahkan heran, kesehatan G tidak terganggu.

semangat G yang begitu luar bisa menjadi pelecut semangat kami untuk tidak mau mengeluh. semua hambatan seakan mudah diselesaikan. selalu ada harapan dan keceriaan dalam menjalani hari-hari itu.

seperti biasanya, akhir tahun di makassar sudah memasuki masa pergantian tahun. hujan yang kadang-kadang deras, tiba-tiba panas, dan terjangan angin kencang.

diawali dari tanggal 24 desember saat pengumuman kelulusan bunda jadi pns di kabupaten gowa. berbagai persyaratan dan kelengkapan berkas harus dipenuhi. bersama G semua kami bisa lewati melalui prosedur resmi.

hari kamis tanggal 24 desember 2009, bertiga kami ke kantor poresta makassar timur, bunda akan mengurus skck (katanya surat keterangan kelakukan baik). ternyata cukup lama juga karena banyak orang yang antre.

hari pertama itu, skck belum selesai karena banyak surat pengantar yang harus dilengkapi. surat dari rt, rw, kelurahan, polsek, dan lainnya. apalagi, hari itu kantor saya ada acara pelepasan peserta toring wisata 2009, makassar-toraja, di kantor chevrolet, jalan ap pettarani, siang itu.

dengan sangat terpaksa, pengurusan berkas kami hentikan sementara, karena saya harus ke acara itu. siang itu, G memauskan diri bermain mobi (bukan mobil-mobilan, tapi mobil beneran) di showroom chevrolet.

seperti biasanya, gerak G tidak bisa terbendung. terus bergerak. beberapa mobil dia naiki dan bermain seolah dia yang mengendarainya. insya Allah, kami akan belikan G mobil beneran biar puas bermain.

gerimis saat acara tak menyurutkan semangat G untuk terus bergerak. kondisi bunda hari itu kurang fit, karena setelah terpapar panas, kini gerimis.

sore acara baru selesai. pastinya kami tidak bisa melanjutkan melengkapi berkas bunda hari itu karena ayah harus ke kantor. pulang ke rumah dengan menembus gerimis. usai mengatar bunda dan G pulang, saya berangkat ke kantor.

karena keesokan harinya tanggal merah, kami tidak melengkapi berkas bunda yang berhubungan dengan instansi pemerintahan. hari itu, hanya mencetak foto dan menyelesaikan surat pengantar dari rt dan rw.

hari sabtu kami bergerak menuju sungguminasa, gowa. target kami adalah memperjelas semua aturan berkas. dengan kostum lengkap, G duduk di depan meluncur ke gowa. beberapa saat di sana, hujan mengguyur. setelah mencatat semua kelengkapan, kami menuju ke rumah sakit syekh yusuf, sungguminasa untuk mengambil keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba. gerimis sudah berganti hujan.

antre pasti. semua cpns yang sudah dinyatakan lulus berlomba menyelesaikan berkas secepatnya. batas waktu yang disediakan panitia cukup panjang memang, hingga 5 januari 2010, tapi semuanya pasti ingin selesai cepat.

di tengah rasa bosan menunggu yang kadang mendera, G menjadi penyemangat. G tetap saja bersemangat, seolah menganggap perjalan itu adalah wisata. di mana saja, G selalu menjadi pusat perhatian dengan ganyanya yang aktif dan cepat akrab dengan orang.

untung bunda sudah mengantisipasi dengan membawakan bekal untuk G. nasi goreng spesial. di koridor rumah sakit, G menikmati menu makan siangnya dengan lahap dengan kerupuk udangnya.

satu fase berhasil kami selesaikan dengan urusan administrasi, pengambilan sampel darah, dan lainnya. jam kantor sudah habis, hari itu bunda tidak bisa melanjutkan pada proses rontgen.

“cepat-cepat ki datang hari senin untuk periksa,” kata petugas di bagian administrasi. hari itu, kami sudahi urusan karena saya harus masuk kantor. ada jeda satu hari untuk beristirahat untuk G.

hujan pada senin pagi tak menyurutkan semangat kami untuk meluncur ke rumah sakit syekh yusuf. belum lagi saya parkir motor dengan baik, bunda sudah bergegas masuk. sempat beberapa saat kami kehilangan jejak, bunda kemana?

ternyata bunda masuk ruang pemeriksaan. ternyata masih cukup panjang pemeriksaan. dari ruangan rontgen ke ruang pemeriksaan lainnnya. beruntung kami cepat bergerak. setelah semua pemeriksaan selesai, tinggal menunggu hasil.

“sebaiknya kita tidak menunggu. selesaikan yang lain dulu”. rencana itu kami pikir cukup bagus karena masih banyak yang harus kami selesaikan. kami ke kantor kepegawaian (katanya nanti kantor bunda) di belakang kantor bupati. sampai disan, bunda harus kembali mencatat persyaratan kelengkapan berkas karena ternyata ada perubahan. kembali mencatat.

kami sempat kebingungan saat bunda harus membuat kartu kuning. bikin di mana? di makassar atau di gowa. kalau di makassar, mungkin tidak ada masalah karena kami punya ktp makassar, kalau di gowa bagaimana?

ah, kita perjelas dulu saja sama panitianya sekalian mendaftar. hujan kembali mengguyur. ternyata, ada berkas yang harus difoto copi. negosiasi dengan G harus dilakukan karena dia pastinya mau ikut dengan ayah. padahal hujan dan cuma mau foto copi. alhamdulillah, tuhan membantu, hujan perlahan reda.

G saya bawa jalan foto copi berkas bunda di depan kantor bupati. ternyata cukup melelahkan juga karena saat pulang, G minta gendong. saat itulah, kacamata G terjatuh dan hilang.

ternyata pengurusan berkas di gowa tidak menyulitkan. setelah mendaftar, G menuju ke lantai dua untuk mengurus kartu kuning. alhamdulillah, bisa selesai hari itu. hari sudah siang, saya harus cukupkan sampai hari itu dulu karena kembali saya harus ke kantor.

hari itu, bunda dan G mau ke jilc, tempat kerja bunda yang dulu. sekalian karena lokasinya dekat kantor ayah. saya ke kantor menyelsaikan tugas. magrib, G san bunda saya jemput untuk pulang. setelah itu saya kembali ke kantor.

pengaturan waktu dan strategi harus diatur sebaik dan serapi mungkin. karena selain urusan bunda, terkadang juga saya ada jadwal kantor yang harus saya penuhi.

sejenak kami lupakan urusan di gowa, kami berpindah ke arah makassar. sebelumnya, bunda sudah menyelsaikan pengantar dari rt dan rw. hari itu, selasa tanggal 29 desember 2009. saat akan mengambil pengantar skck di kantor lurah, kami terkendala bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (pbb). dalam catatan kelurahan, kami belum bayar. padahal seingat kami, puang pipa beberapa bulan lalu bayar. beberapa bulan lalu juga kami mengurus ktp dan kartu keluarga, tidak ada masalah. yang jadi masalah bukti pembayaran pbb juga kami tidak dapatkan. (besoknya baru ketahuan kalau ikut sama puang pipa ke ke ternate)

saya memilih jalan pintas. “ok, kalau memang dianggap belum bayar, berapa pembayaran pbb yang harus saya bayar? saya bayar sekarang, kasi saya catatan. silahkan bapak cek nanti di bank,” kata saya.

selesai urusan pbb, ternyata ada lagi masalah. keterangan di kk keliru alamat rt-nya. kalau itu saya ngoto karena bukan kesalahan saya. saya bilang, saya mengurus itu semua sesuai dengan prosedur dengan pentar dari rt, rw, lurah, dan ke kecamatan. kalau terjadi kesalahan itu adalah kesalahan pihak pemerintahan yang tidak teliti.

nada suara sempat meninggi yang mengharuskan lurah menyeberang dari rumahnya (berbatasan dengan kantor) ke kantor. saya diajak masuk ke ruangannya. dia mengulang penjelasan kesalahan itu, tapi lagi pertolongan tuhan, pak lurah langsung tanda tangan. “nanti tolong diurus yah pak karena ini untuk kelengkapan administrasi,” kata lurah itu. “insya Allah, kalau urusan saya ini selesai, semua akan saya bereskan,” kata saya.

kami melanjutkan perjalanan ke polsek tamangapa di perumnas antang untuk melengkapi surat pengantas skck. urusan di sana ternyata cepat sekali. lanjut lagi ke polresta makassar timur. kami seakan tak ingin kehilangan waktu. G tetap semangat. perjalan panjang yang tetap membuatnya tidak kehilangan energi.

memasukkan berkas di polresta makassar timur. “listrik mati. besok pi kita ambil,” kata petugas polisi di sana. oke, kami lanjutkan perjalan ke kampus universitas hasanuddin (unhas) di tamalanrea untuk melegalisir ijazah dan membuat keterangan lulus.

keadaan sama dengan di polresta makassar timur, lampu padam. bunda menunggu di fakultas, G saya ajak nongkrong di mace. luar biasa senangnya G bertemu dengan mahasiswa dan dosen. dia bisa cepat akrab dan terus bermain. semua bisa diakrabinya. teman-teman dari komunikasi bahkan dibuatnya heran dan kaget-kaget dengan tingkahnya.

terpaksa hari itu, bunda dan G saya tinggal di kampus karena harus menunggu listrik menyala dan saya harus ke kantor. “iye, saya tunggumi saja. tanggung, daripada bolak-balik nanti,” kata bunda.

di kantor, saya membuatkan draf riwayat hidup untuk diisi nantinya oleh bunda. ternyata urusan bunda di kampus tidak selesai karena sampai sore listrik tak juga menyala. ternyata ada masalah dengan generator unhas.

rabu, 30 desember 2009, skck di polresta makassar timur sudah selesai. sebelum mengambil berkas skck, saya sempat bertemu dengan wahyudi, reporter bagian kriminal harian seputar indonesia. “sini mi saya uruskan ki. foto kopi ktp sama ijazah mo,” kata wahyudi menawarkan jasa pengurusan skck.

saya sampaikan rasa terima kasih sama wahyudi karena tidak lama bunda muncul dengan skck di tangan. “kenapa ki tidak bilang kak saya uruskan ki,” kata wahyudi. niat baik wahyudi saya sukuri sebagai niat tulus membantu dari seorang sahabat. terima kasih.

lanjut lagi perjalanan ke unhas. ternyata listrik belum juga menyala. putar akal, draf itu kami minta dan membuat drafnya di jasa pengetikan di depan kampus. yang menghambat kan drafnya saja karena tidak bisa di print.

masalah terselesaikan. bunda tetap mengantisipasi dengan menitip legalisir dan keterangan setelah listrik menyala kepada petugas administrasi. alternatif bunda itu ternyata sangat berguna kemudian hari.

urusan di makassar selesai. sekarang tinggal di gowa, keterangan berbadan sehat yang tinggal diambil.

keesokan harinya, saya ijin satu hari kepada bunda karena pengurusan berkasnya dihentikan dulu karena saya ada urusan kantor pagi yang harus diselesaikan.

untuk meregangkan pikiran sejenak, malamnya G dan bunda saya jemput untuk merayakan malam pergantian tahun. kebetulan kantor ada acara. malam itu, sejenak kami melupakan urusan kelengkapan berkas bunda.

malam pergantian tahun yang negitu menyenangkan di tengah padatnya kegiatan. sampau pukul 01.00 wita, jumat tanggal 1 januari 2010, G masih on.

pulang ke rumah dalam kodisi gerimis, G terpaksa kami bungkus. alhamdulillah, G tertidur begitu lelapnya sampai di rumah. tiga hari urusan bunda diliburkan karena libur.

tanggal 4 kami bergerak lagi. tujuan kami adalah mengambil rekaman medis di rumah sakit. pagi-pagi kami bergerak dibawah guyuran hujan. setelah dari rumah sakit, kami langsung ke kantor BKD gowa untuk menyetor berkas.

hah! terrnyata …. ada masalah baru. keterangan skck bunda ada kesalahan begitu juga dengan keterangan lulus dari fakultas. yang bertanda tangan harus dekan. wah, harus urus ulang. waktu tersisa satu hari.

keriangan G membuat kami tetap bersemangat. tak boleh ada keluhan. hari itu, kami langsung ke polresta makassar timur untuk mengurus skck. alhamdulillah, urusan bisa cepat selesai. tidak kurang dari 10 menit tanpa halangan.

meluncur ke kampus di tamalanrea. sebagaimana telah dituliskan sebelumnya, bunda ternyata memang sudah mengantisipasi dengan menyimpan sejumlah berkas dan menitip keterangan lulus kepada dekan di sospol.

saya heran kok cepat sekali. “waktu itu hari saya memang menitip untuk tanda tangan dekan. karena dulu pak dekan tidak ada, orang administrasi bilang ditanda tangan pd 1 saja. tapi saya tetap memesan untuk ditanda tangan dekan. alhamdulilah ternyata berguna,” tutur bunda.

hari itu masih siang. sekitar pukul 13.00 wita. kami masih bisa melanjutkan perjalanan ke sungguminasa gowa untuk menyetor berkas. tapi, kami harus memerhatikan kondisi G dan saya juga harus masuk kantor.

“besok saja. tidak apa-apa,” kata bunda. tanggal 5 januari 2010, berkas bunda sudah disetor ke bkd gowa. urusan selesai.

terima kasih G. alhamdulillah, selama proses yang menyita waktu dan tenaga itu G tidak pernah mengeluh yang membuat kami bersemangat. kami juga salut akan ketahanan fisiknya. menerabas hujan dan menatang panas tak membuat fisik G drop. terma kasih Allah atas semua karunia yang telah diberikan kepada keluarga ini.

kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kepengurusan.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Januari 27, 2010.

2 Tanggapan to “semangat G”

  1. amin ya rabbi. smg sukseska n G bs naik mobil ayah bukanlagi naik mbl rahman.

  2. amin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: