Sembuhkan Batuk dengan Madu

Madu memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit

VIVAnews – Sejak dulu madu memang sudah sering digunakan sebagai obat, baik oleh masyarakat Mesir kuno, China, Romawi dan Yunani. Khasiat madu bagi kesehatan memang tidak diragukan dan hingga hari ini madu merupakan obat alami yang bisa mengatasi banyak gejala penyakit, salah satunya adalah batuk.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Penn State University, menunjukkan madu mengandung senyawa yang juga terdapat pada obat batuk anak-anak, bahkan cara kerjanya lebih efektif. Rasa manis pada madu merupakan bahan aktif yang mempengaruhi aktifitas otak yang sensitif pada rasa manis dan letaknya dekat bagian otak yang berpengaruh pada batuk.

Jika Anda atau anggota keluarga lain batuk, cobalah minum segelas air yang telah dicampur dua sendok makan madu dan perasan jeruk nipis. Air yang digunakan usahakan bersuhu hangat untuk melegakan tenggorokan. Tetapi jangan berikan madu pada bayi yang berusia dibawah satu tahun. Hal itu karena madu mengandung bakteri yang tidak bisa ditangkal oleh sistem imunitas bayi.

Tidak hanya meredakan batuk, madu juga bisa untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science, tahun 2008, tikus yang diberikan madu berat badannya berkurang sebanyak 23% dibandingkan denngan yang diberikan gula.

“Madu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga kemungkinan besar bisa membakar banyak lemak,” kata Lynne Chepulis, Ph.D., kepala peneliti dan penulis buku Healing Honey seperti VIVAnews kutip dari Eating Well.

• VIVAnews

(Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni – Selasa, 15 Desember 2009, 17:18 WIB)

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Desember 15, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: