Halau Bau Mulut Selama Puasa

Ada caranya untuk mengurangi bau mulut tidak sedap. Simak tips berikut!

Rabu, 26 Agustus 2009, 12:10 WIB / Petti Lubis
PUASA-BEBAS BAU MULUTVIVAnews – Bau mulut tak sedap memang bisa menjadi salah satu gangguan selama berpuasa. Kondisi ini terjadi, karena kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam dan otomatis mulut berbau.

Meningkatnya masalah bau mulut selama berpuasa, menurut dr. Handrawan Nadesul, penulis buku ‘Sehat Itu Murah’, disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur, akibat asupan air yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Padahal, air liur mengandung zat-zat khusus yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan menekan bau.

Ingin mengurangi gangguan kesehatan ini? Simak tips berikut!
_ Sebelum berpuasa, periksakan diri ke dokter gigi.
– Sehabis sahur dan sebelum tidur, bersihkan rongga mulut dengan menggosok gigi dan lidah dengan perlahan.
– Gunakan obat kumur untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan karang gigi baru. Dalam hal ini obat kumur bisa diganti dengan campuran setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air panas.
– Setelah berbuka, minumlah air putih sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan produksi air liur.
– Hindari makanan berbau tajam seperti bawang putih, petai, atau jengkol. Makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi sebab aroma makanan itu akan diserap oleh darah dan dikeluarkan melalui napas. Kalau memang sangat ingin makan, sebaiknya dikonsumsi saat berbuka saja, jangan waktu sahur.
• VIVAnews

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Agustus 26, 2009.

2 Tanggapan to “Halau Bau Mulut Selama Puasa”

  1. pilihan postingan yang tepat.

  2. Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudaraku tersayang di seluruh penjuru dunia maya…

    Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba…
    setelah sempat stagnant sampai sebulan lebih,
    akhirnya ada yang menginspirasi saya untuk menulis ucapan…
    & mengirim komentar spam-nya kepada Saudara2, he he he…
    Tapi kali ini, insyaAllah… saya akan mencoba lebih sopan.

    Hmm, mau tahu isi komen saya kali ini? Heee… rahasia…
    Ya udah deh, nih saya kasih tau…
    Tapi, beneran… mau tahu? Apa? Beneran… yakiin?
    Ow… jangan ngambek donk, iya maaf-maaf…
    Nih, saya kasih link comment-nya…

    http://dir88gun0w.blogspot.com/2009/08/
    ucapan-selamat-kemerdekaan-ramadhan.html

    http://www.4shared.com/file/127273395/aafaeca/
    Ucapan_Selamat_Kemerdekaan__Ramadhan.html

    Selamat men-download & membaca komentar saya, ya!
    Lho, kok jadi maksa sih? He he he…
    Anggep aja ini cuma reminder & invitation dari saudara jauh,
    jadi… nggak ditampilin juga nggak apa2, kok.

    Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita sekeluarga…
    dari kejamnya adzab & dahsyatnya fitnah…
    yang Ia turunkan di dunia, di dalam kubur, & di akhirat.

    Alhamdulillah, Saudaraku tersayang dimanapun kalian berada.
    Jadikanlah Romadhon kali ini lebih istimewa bagi dirimu…
    dengan mengamalkan Qur’an & Sunnah.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, secara Lahir Bathin…
    serta raihlah kemenangan sejati untukmu.

    Buat Saudaraku yang punya blog ini,
    mohon maaf lahir bathin & ma kasih, ya…

    Wassalamu alaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: