Agar Anak Anda Kebal Penyakit

Ikuti kebiasaan sehat yang bisa dilakukan Anda dan buah hati!
Rabu, 17 Juni 2009, 16:23 WIB
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
http://kosmo.vivanews.com/news/read/67469-agar_balita_kebal_penyakit

G-EKSPRESI-6VIVAnews – Usia satu hingga tiga tahun merupakan periode emas perkembangan otak anak. Sebagai orangtua Anda tentunya menginginkan perkembangan otak secara optimal dalam periode emas tersebut.

Tetapi perkembangan tersebut bisa terhambat jika anak terkena penyakit yang salah satunya disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat dan lingkungan yang tidak bersih.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki anak batita (bawah tiga tahun) cobalah untuk lebih menjaga kebersihan. Mulai dari perlengkapannya hingga kebersihan diri Anda.

Ingatlah bahwa si kecil selalu berada di dekat Anda. Jika Anda tidak bersih dan terkena penyakit maka si kecil akan mudah tertular dan pertumbuhannya menjadi tidak optimal.

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan dengan sabun. Cara tersebut memang sederhana, tetapi masih banyak orangtua yang tidak melakukannya. Padahal mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang efektif menangkal penyakit.

“Sepuluh jenis penyakit infeksi dapat dicegah dengan mencucui tangan. Salah satunya adalah diare yang sering melanda anak-anak,” kata Handrawan Nasrul, pakar kesehatan saat ditemui dalam diskusi Kemitraan untuk Membangun Generasi Anak Indonesia yang Lebih sehat di Crowne Plaza, Jakarta 17 Juni 2009.

Dan secara medis, mencuci tangan dengan sabun telah terbukti efektif mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang menjadi penyebab kematian utama balita di Indonesia. Bahkan menurut riset di Inggris pada 2007 yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, cuci tangan lebih efektif mencegah penyakit flu dibandingkan dengan vaksin.

Selalu cuci tangan dengan sabun, saat sebelum dan sesudah menyuapi si kecil makan. Lalu, setelah si kecil bermain di luar rumah, selalu ajarkan untuk segera mencuci tangan dengan sabun, begitupun setelah selesai dari toilet.

Ajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangan agar terbentuk kebiasaan yang sehat dalam dirinya. • VIVAnews

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Agustus 12, 2009.

2 Tanggapan to “Agar Anak Anda Kebal Penyakit”

  1. betul saya setuju nih. kebiasaan bersih memang harus di terapkan sedari kecil.agar menjadi kebiasaan yang baik.

  2. salam kenal

    by…
    http://uni.byethost32.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: