puang pipa datang dari ternate

G-PUANG PIPA-ULTAH2hore…., puang pipa datang dari ternate. kedatangan puang pipa menjadi kegembiraan terbesar G kala saya harus kembali meninggalkannya. belum lagi seminggu G di makassar, berkumpul bersama, saya harus pergi untuk beberapa hari karena ada tugas kantor.

”senang sekali dia,” kata bunda. puang pipa jadi idola G. seakan tidak mau melepaskan diri dari puang pipa, apapun aktivitas tantenya yang manis itu, G selalu mau ikut.

jadilah G pengawal puang pipa selama di makassar. ”kalau ndi ipa sudah mandi, pakaian, dia selalu nanya. mau kemana puang pipa. pasti minta ikut,” kata bunda.

wajar kalau G kangen sekali dengan puang pipa. cukup lama dia ditinggalkan. terakhir ketemu sekitar awal bulan februari 2009 saat puang pipa berangkat ke ternate.

puang pipa diterima di salah satu universitas negeri di sana sebagai dosen. akhirnya, dia jadi penerus mama puang sebagai guru (meski namanya berbeda). pekerjaan sebagai guru yang dulu tidak pernah saya dengarkan menjadi cita-cita atau terlontar dari bibir puang pipa.

puang pipa adalah anak ke delapan dalam silsilah persaudaraan ayah. dia pas adik ayah. Nama lengkapnya andi arifah pasinringi. pastinya, banyak catatan yang tersimpan dalam memori saya mengenai puang pipa.

LEBARAN 1-blogmasa kecil yang menyenangkan dengan ”perseteruan” panjang dan tiada akhir antara puang pipa dengan puang ile. wajar memang karena umur mereka tidak terlalu berjauhan. sesuatu yang wajar saat anak perempuan paling terakhir dan si bungsu yang meminta perhatian lebih (hehehe).

tiada hari tanpa perkelahian dengan puang ile. sampai pernah terjadi insiden pisau terbang…hehehe. puang pipa pasti ngeri kalau mengingat insiden itu.

perseteruan tidak hanya saat mereka masih kecil, tapi sampai masa-masa kuliah atau remaja. Pastinya intensitasnya berkurang karena puang pipa harus kuliah di palangkaraya, kalimantan tengah, dan puang ile di makassar. ada yang paling menarik dari dua adik saya itu. mereka kalau ketemu selalu beda pandangan, biasalah puang ile kan juga jahil, tapi, kalau pisah kayaknya paling saling merindukan.

dulu, kalau puang pipa pualng dari kalimantan yang selalu dicari pertama itu puang ile. Sebaliknya puang ile juga begitu. kalau puang pipa datang, dia yang paling sibuk. tapi, bertengkarnya juga tidak pernah habis. ada saja hal-hal sepele yang diperdebatkan

pelajaran berharga yang saya dapatkan dari kedua adikku yang tersayang itu bahwa pertengkaran-pertengkaran kecil yang terjadi antara mereka ternyata adalah harmonisasi hidup yang akan semakin memberinya makna dalam menjalaninya. ada sayang dan cinta. ada bangunan hubungan yang mesti sinergi, harus ada kesepahaman, untuk meyempurnakan makna saling mengerti dalam jiwa mereka. bangunan itu mesti dipupuk agar lebih kokoh. kisi mana yang harus diisi satu sama lain. mungkin samalah dengan teori jouhary window mengenai interaksi antarmanusia.

puang pipa paling terkenal dengan mejjo. nah, kalau G yang mejjo, kadang saya selalu bilang sama bunda, tidak salah tuh, G kan ponakannya puang pipa. alhamdulillah, karena tidak terlalu jauh ji mammana.

awalnya bunda bingung maksudnya, tapi setelah saya jelaskan dia tertawa. saya tidak tau sekarang, setelah jadi ibu dosen apakah masih suka mejjo atau tidak (mudah-mudahan tidak mi).

tidak habis cerita puang pipa dalam lembaran ini jika saya ceritakan semua. dulu, puang pipa masuk kelompok menari di bone. meski kulitnya hitam, tapi puang pipa manis kok. saat ini, puang pipa menjadi target ”proyek” terakhir dari kami-kami bersaudara (termasuk puang etta dan mama puang). dari sembilan bersaudara, tinggl puang pipa yang belum menikah. kapan ndi?

banyak lompatan-lompatan hidup puang pipa yang ayah bisa jadikan pelajaran. mudah-mudahan G bisa untuk memaknainya nanti. G tanya langsung aja deh sama puang pipa. belajar dari puang pipa nggak masalah saya pikir, puang pipa kan dosen. ngajarin anak orang lain saja bisa, masa ngajarin ponakan sendiri tidak bisa. pasti bisalah.

LBR16-blogalhamdulillah, selama di ternate, puang pipa masih sering menelpon ayah di makassar. hanya sekedar tanya G, keadaan keluarga, dan kadang dia butuh saran-saran. secara sadar sebenarnya saya tahu, puang pipa mungkin lebih matang dan lebih hebat dari ayah. pada intinya adalah hubungan silaturrahim dan memang menjadi ”aturan” tak tertulis dalam komunitas kecil kami bersaudara, segala sesuatunya harus dikomunikasikan. sekecil apapun itu, walau nilainya hanya sekedar memberitahukan. ”daeng ide, sekarang saya di sini. ada pekerjaan ini dan itu. daeng ide, kalau menurut kita bagaimana? saya ada tawaran ini dan itu”. puang pipa sudah dewasa dan matang. saya yakin bisa memutuskan sendiri. itulah kesyukuran karena kami bersaudara masih terus menjaga ”tradisi” komunikasi, saling meminta dan memberi saran, pandangan, nasihat, dan masukan.

ternyata, puang pipa membawakan ayah oleh-oleh dari ternate. terima kasih puang pipa. ”ah, saya dicuekin deh. mentang-mentang ayahnya sudah datang,” kata puang pipa pada G saat saya pulang.

karena kangen, G terus-terus lengket sama saya. seakan tidak mau ditinggal lagi. maunya kayak lagunya mbah surip, digendong terus. puang pipa mau keluar, dia cuek saja. cuma nanya, mau kemana puang pipa. puang pipa balik nanya, mau ikut apa tidak. G menggeleng tidak mau. Hehehehe, puang pipa dicuekin.

nanti setelah ayah datang baru puang pipa pulang ke bone. terima kasih puang pipa, mau tinggal di makassar sambil menunggu ayah pulang karena pasti kepikiran tidak ada yang temani bunda dan G. terima kasih puang pipa, meski harus mengorbankan perasaan, menunda kerinduan yang membuncah ketemu puang etta, saudara, dan pasukan ponakan di bone. Salam sama semua keluarga di bone.

cepat balik ke makassar yah. G tunggu

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Juli 28, 2009.

Satu Tanggapan to “puang pipa datang dari ternate”

  1. Great, I didn’t heard about this topic up to the present. Thanx!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: