G pulang ke bone

ayah sendiri lagi

”ayo G mandi cepat, katanya mau pulang ke bone?” kata bunda kepada G yang hari itu terlihat bermalas-malsan saat disuruh mandi. Mendengar kalimat itu, G yang sedang main di teras sama ayah langsung bereaksi. ”ayo ayah, mandi,” kata G mengajak dengan semangat.

gie 2hari ini, rabu, 17 juni 2009, G pulang ke bone bersama bunda. keberangkatan bunda kali ini dengan satu tujuan jangka panjang yang telah kami susun dengan matang di makassar.

satu persatu G menaiki anak tangga dengan semangat menuju lantai dua. karena G masih agak demam, jadinya hanya bersihkan badan dengan dilap handuk kecil menggunakan air hangat. G tetap bersemangat.

badannya belum lagi dikeringkan dengan handuk kering, G sudah mengambil sepasang pakaian yang sudah disediakan bunda. celana panjang warna biru dipadankan dengan baju kaos merah.

celana langsung mau dipasangnya sendiri saking semangatnya. keringkan badan, pakai bedak, dan berpakaian rapi. G semakin keren dengan tambahan sweter tanpa lengan.

semua sudah siap. ternyata, seperti biasa, kedatangan mobil yang akan menjemput dan membawanya ke bone terlambat lagi. G yang sebelumnya sudah minum obat terlihat ngantuk dan bosan menunggu.

GALANG 41rasa kantuk terlihat ditahannya. mungkin dia mengingat kata-kata ayah kalau nanti tidurnya di mobil. sesaat dia terlihat bosan menunggu. menjelang siang, mobil datang.

G kembali bersemangat. dia langsung turun dan menuju mobil. setelah memakai sepatu, dia menuju mobil. saking semangatnya, untuk pertama kalinya G tidak pamit ke ayah saat mau berangkat.

bunda yang menyadari kalau beberapa hari ini ayah akan sendiri, sudah mempersiapkan segala sesuatunya. semua pakaian sudah dicuci dan diseterika tersusun di dalam lemari. harum, licin, dan wangi. menu makanan di bawah tudung saji dan ransum dalam kulkas lengkap disediakan. terima kasih.

semoga semangat G menjadi pertanda dari Tuhan akan cita-cita dalam rencana yang sudah kami susun. semua boleh hilang kecuali semangat dalam diri kami karena itulah modal terbesar untuk terus menata hidup yang lebih baik. semua yang kami lakukan pastinya terdedikasi untuk mu anakku, G.

eh, berita kepulangan G ke bone sudah saya kasi tau sama daeng mumut untuk menyambut. G, sampaikan salam ayah untuk semua keluarga di bone. ayah tidak bisa menemani G dan bunda pulang.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Juni 17, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: