andi sheila putri subhan

dua mi ade’na G

rio11kamis, 26 maret 2009, kami, saya, bunda, dan G mendapat kabar gembira. G jadi abang lagi!!! setelah adi’ rizky, kini lahir lagi adi’ baru G. saya mendapat pesan singkat dari puang sobek, namanya andi malinori (sheila) putrina subhan.

pastinya saya harus menebak kenapa puang sobek memilih nama itu untuk anaknya yang ke-2 karena saya enggan untuk bertanya. saya liat penanggalan, tanggal 26 itu adalah bertepatan dengan hari raya nyepi tahun baru saka 1931.

mungkin itu alasannya. hari nyepi yang selalu identik dan memang pada ritual ummat hindu dilakukan dalam suasanya sepi, senyap, atau sunyi. jika diartikan dalam bahasa bugis menjadi malino. nah, mungkin itu satu alasan nama depan malinori. penambahan ri saya belum tahu pasti, dalam bahasa bugis, ri bisa berarti di atau penunjuk tempat.

ada kata dalam tanda kurung (sheila). nama itu saya teringat saat mama efasari hamil, abang rio selalu bilang kalau dia ingin nanti ade’nya namanya sheila. asbabunnuzulnya kenapa abang rio mau adik namanya sheila, G nanti bisa tanya langsung sama abang rio.

dua nama belakang adalah namanya penyerta yang saya pikir tidak perlu saya tebak, putrina subhan, sudah jelas. meski ada penambahan na di belakang kata putri, dalam bahasa bugis berarti milik, kepunyaan atau nya. dalam bahasa indonesia sederhana bermakna- anaknya subhan.

itulah sms nama yang saya terima saat ade’ ke-2 G lahir.

undangan-aqiqahmalam ini, 5 april 2009, saya mendapat lagi sms nama yang agak berbeda dari sebelumnya. andi sheila putri subhan. bisa dilihat perbedaannya. terkirimnya sms nama itu karena saya minta sama puang sobek nama lengkapnya ade sheila. Rencananya saya mau desainkan undangan aqiqah. sebenarnya bukan saya yang bikin, cuma menginstruksikan ato minta tolong sama teman kantor yang memang kerjanya bagian desain. (saya cuma milih-milih doang model desain dan bentuknya…hehehehe)

apa yang saya terjemahkan atau bisa saya tafsirkan dari perubahan itu? saya harus memberikan selamat kepada abang rio. awalnya, nama pilihan yang diinginkan oleh abang rio masih menjadi alternatif atau antara (bukti semiotikanya bisa terlihat dari penggunaan tanda kurung) tapi dia bisa memperjuangkannya menjadi pilihan utama.

selamat atas perjuangan abang rio. Kita semua berharap itulah yang terbaik. Harapan terbesarnya adalah pemberian nama itu adalah bukti tanda sayang abang rio sama ade’ sheila. Pastinya, abang rio yang akan menjaga ade’ sheila pada masa yang akan datang.

selamat aqiqah de’ yah. maaf abang G tidak bisa hadir. abang G kirim doa saja yah

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada Mei 5, 2009.

2 Tanggapan to “andi sheila putri subhan”

  1. Ktx anakx puang sobek mrip sma puang ati….

    Ih.. Wow..
    Pnasaran ka’ mau liat ki..

    Klo ad ftox di kt puang mnta ka jg…

  2. Hi, good post. I have been pondering this issue,so thanks for sharing. I will likely be subscribing to your blog. Keep up the good work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: