Malusu

Tidak Mau Dibedong

mandi ... mandi

mandi ... mandi

CERITA ini mungkin agak lain dari biasanya. Ada anak yang baru berumur satu hari, ogah dibedong.

Itulah G. Sehari setelah kelahiran, G seakan tidak nyaman saat dibungkus dengan kain selimutnya. G lebih suka bebas. Di antara anak dalam satu ruangan, G banyak mendapat komentar.

Kenapa G tidak dibedong? Kata orang nanti kaget. Tapi, mau bagaimana lagi, G lebih suka bebas. Pagi pertama lahir, G dimandikan.

Bergiliran semua bayi yang ada dalam bangsal rumah sakit itu satu persatu dimandikan suster. Kecuali G, semua bayi ketika dimandikan pasti menangis, tapi G tidak.

“Tahannya, tidak menangis ki tawwa,” kata suster yang memandikannya. Kejadian itu sempat menjadi komentar dari ibu-ibu katanya nanti G suka mandi.

Prediksi itu ternyata benar, dalam perkembangannya G memang suka sekali mandi. Belum lagi baskomnya diisi air, kalau dia sudah liat, pasti loncat-loncat kegirangan.

Kembali soal bedongnya, kenyataan itu sempat membuat saya panik. Sampai saya paksa untuk dibedong. Saya takut kakinya menjadi bengkok. Tapi, disisi lain, kalau dibedong dia terlihat sangat tersiksa. Jadi, mending tidak usah dibedong.

“Dalam perut saja dia banyak goyang. Apalagi sekarang, sudah keluar,” kata Bunda saat itu. Memang sih, dibandingkan dengan bayi lainnya, G termasuk paling banyak goyang.

Sampai saya menulis cerita ini, 13 November 2007, G masih banyak goyang kalau tidur. Kata orang Bugis malusu. Itupun menjadi cerita menarik dengan Bunda. Kata Bunda G tidak jauh dari bapaknya yang juga malusu kalau tidur.

Dalam perjalanannya pun G jarang sekali di bedong. Kalau sudah dibedong, pasti dia lepaskan. Melihat kekuatannya semua orang berpikir kalau akan menjadi anak yang kuat dan sehat. Semoga.

~ oleh Andi Galang Arzachel Pasinringi Pasinringi pada September 7, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: